Pages

Wednesday, October 10, 2018

Artha - Bayu Permana

:: [IDENTITAS BUKU] ::
Judul Buku : Artha
Penulis : Bayu Permana @bayupermana31_
Penerbit : Coconut Books @coconutbooks
Tanggal Terbit : Cetakan Pertama Juli 2018
Jumlah Halaman : 392 hlm
ISBN : 978-602-5508-42-4
***
Rate : 3.8 dari 5
***

:: [BLURB] ::
Kalau kata Agatha, Arkan itu Cabe-Man. Cowok dengan mulut sepedas cabai, sangat pintar menari serta memiliki fisik yang menawan, setengah cantik dan setengah ganteng.
.
Agatha menjuluki dirinya sendiri Wonder Woman, yang selalu kuat menghadapi setiap goresan takdir yang terjadi.
.
Arkan itu menyebalkan, sering mencerca tanpa pikir panjang, terlalu jujur. Membuat Agatha keki sendiri, membuat Agatha baper sendiri.
.
Namun, adanya Arkan seperti memberi warna baru di hidup Agatha. Hadirnya Arkan bagai penerang di gelapnya dunia Agatha. Arkan adalah Baskara yang hadir di hidupnya yang kelam.
***

:: [REVIEW] ::
"Apa tiga hal yang paling lo suka?" — Hal. 5.
.
Awal novel ini kita disuguhkan interaksi Kak Bayu dengan Arkan, Arkan Alano Navvare. Wait!! Kak Bayu? Emang ada tokoh di novel ini bernama Bayu? Bentar!! Kak Bayu ini penulisnya Artha? Yess!! Unik bukan? Kak Bayu "minta ijin" pada Arkan untuk membagikan kisah Arkan - Agatha pada pembaca setianya 😊😊😊.
.
Kita akan diajak bertemu dengan Arkan yang galak, Arkan yang bermulut pedas, Arkan yang sangat menyukai apel, warna biru dan dance dan Arkan yang memiliki kembaran bernama Aland dan Arkan yang memiliki wajah "cantik". Arkan juga sangat suka bersepeda lho.
.
Setelah berkenalan dengan Arkan, kita diajak berkenalan dengan Agatha, Agatha Aradilla. Seorang gadis berambut sebahu yang memiliki rambut sambungan berwarna biru yang ternyata mengalami perasaan hampa yang membentuk lubang menyakitkan di dalam hatinya.
.
"Cowok ganteng itu something, tapi kalo mulutnya kayak petasan, ya kampreting." — Hal. 11.
.
Pagi Agatha berantakan dikarenakan ketidaksengajaannya menabrak Arkan di parkiran sekolah. Agatha dan Arkan terlibat perang mulut tanpa peduli orang-orang yang berkerumun untuk menyaksikan "perang" mereka.
.
Anak ayam, sebutan Arkan untuk Agatha. Bagi Arkan, Agatha itu adalah tioe cewek yang tidak ia sukai.
.
Bocah cabe aka cabe man, sebutan Agatha untuk Arkan. Bagi Agatha, Arkan itu tipe cowok yang sebaiknya dihindari.
.
.
"Heh, gue resmi jadi haters lo, ya!" — Hal. 22.
.
Begitulah deklarasi perang dari Agatha pada Arkan. Terdengar nyaring bin dramatis yang hanya dibalas Arkan dengan dengusan dan cowok menyebalkan —menurut Agatha— itu menunjukkan salah satu jari tangannya.
.
Nampaknya genderang perang mulai bertabuh nich. Bagi Arkan, Agatha itu bencana sejak gadis berambut sambung warna biru itu "nge-spam" LINE-nya.
.
Lagi! Arkan dibuat berang oleh Agatha dan berujung berantem ala cewek, jambak-jambakan. Sumpah aku ketawa ketika baca scene berantem ala cewek antara Arkan dan Agatha.
.
Selain interaksi Arkan—Agatha yang mengundang tawa, interaksi Aland—Arkan juga nggak kalah kocak. Sejauh ini, aku mengidolakan Aland hhhee..
.
Setelah jambak-jambakan, Arkan kembali dibuat kesal dengan munculnya Agatha di kafe Lalisa, Mamanya Arkan dan Aland. Kak Bayu, Lalisa ini Lalisa Blackpink kah? Wkwkwk.
.
"Saya pacarnya Arkan," — Hal. 56.
.
Nah lho.. Agatha dengan santainya bilang bahwa ia pacarnya Arkan di hadapan sang Mama. Ahh semakin ke belakang semakin seru nich kisah Agatha dan Arkan ini.
.
Aku suka Aland karena walaupun nakal dan sangat jahil sama Arkan, ia selalu berada paling depan dan siap jadi tameng jika Arkan dijahatin orang.
.
Fyi, Arkan ini sudah cakep gila ehh juga jago nge-dance lho tetapi sayangnya Arkan ini suka menyendiri karena merasa nggak pede dengan dirinya. So, apa yang akan dilakukan Aland?
.
Selain itu, ada yang seru juga nich dari Agatha dan Arkan. Arkan ditantang mengunggah swafoto di lini Instagram, jika swafoto itu dapat 1000+ likes, maka Agatha resmi jadi pembantunya. Arkan harus mentraktir Agatha es krim sebulan penuh jika swafoto itu tidak mendapat 1000+ likes.
.
.
"Karena milik seorang Alano nggak akan pernah lepas sampai kapan pun." — Hal. 372
.
#Artha ini tidak hanya bahas tentang keseruan interaksi antara Agatha dan Arkan lho tetapi juga kehidupan "kelam" yang sukses membuat lubang menyakitkan di hati Agatha dan kejadian di masa lalu sehingga Arkan menjadi pribadi yang tidak percaya diri.
.
Sungguh, aku tidak menyangka kejadian yang menimpa Agatha sangat miris. Perlakuan yang ia terima dari keluarganya sungguh-sungguh sukses buat hati terenyuh lho, readers, serta ingin menenggelamkan Tio dan Angela ke palung terdalam agar mereka berdua tidak jadi "sampah" masyarakat. Emosi jiwa karena Tio dan Angela.
.
Aku tidak menyangka, Agatha yang ceria bin ceriwis itu ternyata memiliki kehidupan yang kelam.
.
Jika keluarga Arkan itu merupakan keluarga idaman, nah keluarga Agatha itu merupakan keluarga "neraka". Tidak salah jika Agatha merasa betah dan merasa hidupnya lengkap jika ia berada di keluarganya Arkan.
.
Beda lagi dengan Arkan. Walaupun Arkan ini dikelilingi oleh orang-orang yang sangat mendukung dan menyayanginya, tapi pria tampan yang punya skill dance hebat itu ternyata seorang pria yang tidak memiliki rasa percaya diri dikarenakan kejadian masa lalu yang ia terima. Nah, kejadian apa itu?
.
Sungguh, aku penasaran dengan seseorang yang Arkan ceritakan di halaman 360, Kak @bayupermana31_.
.
Novel ini wajib masuk wishlist lho, readers. Kenapa? Karena kalian akan menemukan sensasi luar biasa ketika membaca #Arthaini. Pssst.. Novel ini juga ada adegan actionnya lho. Seru bukan?
.
.

"A negative mind will never give you a positive life." —(Agatha, Hal. 85)
.
.
Ahhh aku kembali jatuh cinta sama tulisannya Kak Bayu. #Artha merupakan novel kedua dari Kak Bayu yang aku baca.
.
Aku mengikrarkan diri sebagai yang suka sama Aland nich 😍😍😍.
.
📖#Artha ini bercerita tentang Arkan, sang matahari, dan Agatha, si penikmat sinarnya. Arkan yang tidak percaya diri dan Agatha yang punya lubang menyakitkan di hatinya.
.
📖 : Novel yang menggunakan POV 3 ini tidak hanya menyuguhkan cerita keseruan Agatha dan Arkan tetapi juga bercerita tentang konflik keluarga Agatha yang sangat menguras emosi. Sungguh sangat ingin menenggelamkan Tio dan Angel di palung terdalam.
.
📖 : Tentang family goals juga diceritakan di novel yang memiliki tagline "Baskara dalam dunianya yang terluka" ini.
.
📖 : Novel yang mengambil tema cinta ala remaja ini memiliki banyak nilai kehidupan yang bisa diambil lho, diantaranya janganlah kamu menggadaikan cinta demi harta. Dan jangan sampai omongan buruk dari orang lain membuat kita terpuruk karena tangan kita tidak akan bisa menutup semua mulut di luaran sana tapi bisa untuk menutup kedua telinga kita.
.
📖 : Novel yang ceritanya tidak hanya dibalut oleh rasa cinta nan baper tetapi juga action nan menegangkan ini menyisakan teka teki yang akan dijawab di novel selanjutnya, #Sheiland, lho. Ingat aku ya Kak 😍😍😍 *kode keras*.
***

1 comments:

Kreta Amura said...

Saya suka karyanya kak Bayu, selalu sederhana tapi ngena.

Post a Comment

[BOOKTOUR] VACANCY 2/2

:: [IDENTITAS BUKU] :: Judul : Vacancy 1/2 Penulis : Pinkishdelight ( @pinkishbooks ) Penerbit : Cetakan Pertama, Jakarta 2019 oleh...